KULIAH KERJA NYATA PENCERAHAN (KKN-P)
A. Konsep Dasar
KKN yang dilaksanakan
pada
periode Januari – Februari 2018 merupakan
KKN
Pencerahan (KKN-P). KKN-P pada dasarnya adalah
program KKN tematik yang dikembangkan untuk
cakupan yang lebih
luas dan mendukung program universitas dalam memperkuat image UMSIDA di
masyarakat.
KKN-P merupakan
suatu program yang dikreasi secara tematik untuk menyelesaikan suatu masalah (problem solving)tertentu
dan
terbatas. Agar usaha ini dapat terlaksana efektif,
maka fokus program
dan kegiatannya secara sengaja dibatasi
dan dipilih berdasarkan pertimbangan
yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun
praktis. Jadi, tema KKN-P yang dipilih sekaligus mencerminkan fokus permasalahanyang ditargetkan dapat
diatasi.
KKN-P dengan demikian merupakan program payung yang
menaungi beragam bentuk KKN tematik yang memiliki kepastian
tema
dan program kegiatan
yang akan dikerjakan. Melalui program KKN-P, peserta diharapkan dapat memiliki
pengalaman belajar otentik melalui praksis pengabdian kepada masyarakat yang terus membangun dirinya untuk
lebih maju dan tercerahkan.
B. Program dan Kegiatan
KKN-P menawarkan
2 (dua) program opsional kepada mahasiswa, yaitu:
1. Program Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah
(PCRM)
KKN-P Program PCRM ditujukan
menjadi instrumentasi yang
memungkinkan civitas akademika UMSIDA dapat hadir
memberi makna dan manfaat
di cabang dan ranting Muhammadiyah. Program ini
difokuskan pada pengembanganorganisasi dan
amal
usaha Muhammadiyah serta organisasi-organisasi otonom-nya (Ortom) di tingkat cabang dan ranting. Di sini mahasiswa
bersama DPL
dapat turut membantu Pimpinan Cabang dan Ranting
Muhammadiyah
(PCM-PRM) dalam melaksanakan dan mengembangkan program-programnya.
Sekalipun fokus utamanya pada cabang dan ranting Muhammadiyah, program ini tetap akan melaksanakan program- programbagi semua warga, dengan perimbangan
70% program
khusus Muhammadiyah dan 30% program masyarakat umum.
Persentase
ini
bersifat fleksibel sesuai kondisi masyarakat dan
Persyarikatan Muhammadiyah setempat.
Pendidikan Terpadu untuk SMA/ MA/ SMK/ Sederajat
|
Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah (PCRM)
|
1.
Pendampingan cara belajar
efektif (FEB & FKIP)
2. Pendampingan pemanfaatan
lahan tidak terpakai di
sekolah (FT&
FAPERTA)
3.
Pelatihan hidroponik untuk
siswa
(FAPERTA & FISIP)
4. Pelatihan manajemen
laboratorium dan K3 (FIKES&
FT)
5. Pengembangan UKS (FIKES &
FKIP)
6. Kantin sehat (FIKES
& FAPERTA)
7. Pelatihan pembuatan media
presentasi efektif (FISIP &
FT)
8. Pendampingan kewirausahaan siswa di sekolah (FEB & FKIP)
9.
Pelatihan Toefl (FKIP & FISIP)
10.
Pendampingan manajemen perpustakaan (FEB & FISIP)
11.
Pengembangan sistem
informasi (FT &
FISIP)
12.
Pemetaan data potensi
sekolah, profil dan minat
|
1. Program
pengembangan tata-
kelola administrasi
dan sumber daya organisasi cabang dan
ranting persyarikatan.
2. Program
pengembangan amal
usaha cabang dan ranting persyarikatan.
Hal ini bisa
mencakup bidang sosial
keagamaan, ekonomi dan kewirausahaan, pendidikan dan
kebudayaan, kesehatan dan lingkungan, serta bidang lainnya
yang relevan terkait
pengembangan Amal
Usaha
Muhammadiyah
(AUM).
|
0 komentar:
Posting Komentar