Minggu, 21 Januari 2018

Tentang KKN Pencerahan


KULIAH KERJA NYATA PENCERAHAN (KKN-P)


A.  Konsep Dasar
KKN yang dilaksanakan pada periode Januari Februari 2018 merupakan KKN Pencerahan (KKN-P). KKN-P pada dasarnya adalah program KKN tematik yang dikembangkan untuk cakupan yang lebih luas dan mendukung program universitas dalam memperkuat image UMSIDA   di   masyarakat.   KKN-P   merupakan   suatu   program   yang dikreasi secara tematik untuk menyelesaikan suatu masalah (problem solving)tertentu dan terbatas. Agar usaha ini dapat terlaksana efektif, maka  fokus  program  dan  kegiatannya  secara  sengaja  dibatasi  dan dipilih berdasarkan pertimbangan yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun praktis. Jadi, tema KKN-P yang dipilih sekaligus mencerminkan fokus  permasalahanyang ditargetkan dapat diatasi.
KKN-P dengan demikian merupakan program payung yang menaungi beragam bentuk KKN tematik yang memiliki kepastian tema dan  program kegiatan  yang akan dikerjakan. Melalui program KKN-P, peserta diharapkan dapat memiliki pengalaman belajar otentik melalui praksis pengabdian kepada masyarakat yang terus membangun dirinya untuk lebih maju dan tercerahkan.


B.  Program dan Kegiatan
KKN-P menawarkan 2 (dua) program opsional kepada mahasiswa, yaitu:
1.  Program Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah
(PCRM)
KKN-P Program PCRM ditujukan menjadi instrumentasi yang memungkinkan civitas  akademika  UMSIDA  dapat  hadir  memberi makna   dan   manfaat   di   cabang   dan   ranting   Muhammadiyah. Program  ini  difokuskan pada  pengembanganorganisasi dan  amal usaha Muhammadiyah serta organisasi-organisasi otonom-nya (Ortom) di tingkat cabang dan ranting. Di sini mahasiswa bersama DPL dapat turut membantu Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah (PCM-PRM) dalam melaksanakan dan mengembangkan program-programnya.


Sekalipun fokus utamanya pada cabang dan ranting Muhammadiyah, program ini  tetap akan melaksanakan program- programbagi semua warga, dengan perimbangan 70% program khusus Muhammadiyah dan 30% program masyarakat umum. Persentase ini bersifat fleksibel sesuai kondisi masyarakat dan Persyarikatan Muhammadiyah setempat.
Berikut program yang wajib untuk KKN-PCRM sebagai berikut: 

Selengkapnya di Buku Panduan KKN-P

Pendidikan Terpadu untuk SMA/ MA/ SMK/ Sederajat
Pengembangan Cabang dan Ranting Muhammadiyah (PCRM)
1.      Pendampingan cara belajar
efektif (FEB & FKIP)
2.      Pendampingan pemanfaatan lahan tidak terpakai di sekolah (FT& FAPERTA)
3.      Pelatihan hidroponik untuk
siswa (FAPERTA & FISIP)
4.      Pelatihan manajemen laboratorium dan K3 (FIKES& FT)
5.      Pengembangan UKS (FIKES &
FKIP)
6.      Kantin sehat (FIKES & FAPERTA)
7.      Pelatihan pembuatan media presentasi efektif (FISIP & FT)
8.      Pendampingan kewirausahaan siswa di sekolah (FEB & FKIP)
9.      Pelatihan Toefl (FKIP & FISIP)
10.   Pendampingan manajemen perpustakaan (FEB & FISIP)
11.   Pengembangan sistem
informasi (FT & FISIP)
12.   Pemetaan data potensi sekolah, profil dan minat
1.     Program pengembangan tata- kelola administrasi dan sumber daya organisasi cabang dan ranting persyarikatan.
2.     Program pengembangan amal usaha cabang dan ranting persyarikatan. Hal ini bisa mencakup bidang sosial keagamaan, ekonomi dan kewirausahaan, pendidikan dan kebudayaan, kesehatan dan lingkungan, serta bidang lainnya yang relevan terkait pengembangan Amal Usaha
Muhammadiyah
(AUM).

0 komentar:

Posting Komentar